Sabtu, 21 Juli 2012

AUTOMOTIF

Jokowi: Mobil Anak SMK Setara Buatan Jepang

Jokowi: Mobil Anak SMK Setara Buatan Jepang

Bermerek Kiat Esemka, mobil itu memiliki kapasitas mesin 1800 CC. Cukup seharga Rp95 juta

Selasa, 3 Januari 2012, 07:16 WIB
Ismoko Widjaya
VIVAnews - Di mata Walikota Solo, Joko Widodo, mobil dinasnya yang baru  karya siswa-siswa sekolah setempat sangat membanggakan. Selain harganya yang murah, desain dan interior mobil itu tidak kalah dengan mobil buatan Jepang maupun Eropa.

"Mobil ini komposisi bahan baku lokalnya mencapai 80 persen. Harganya jika diproduksi massal sekitar Rp95 juta," kata Jokowi panggilan akrab Walikota Solo kepada VIVAnews.com di Solo, kemarin.

Mobil baru kebanggaan Jokowi itu hasil karya siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 2 Surakarta dan SMK Warga Surakarta. Dia menambahkan, kondisi mobil yang kini dijadikan tunggangan sehari-harinya itu cukup bagus - baik dari segi desain interior maupun kualitas mesin.

"Desain interior sangat bagus. Ini terlihat dari pengerjaannya yang halus. Selain itu mesin halus sekali sehingga saya tidak ada complain sama sekali," ucapnya puas.

Mobil yang diberi merek Kiat Esemka itu memiliki kapasitas mesin 1800 CC. "Kalau harga Rp95 juta dapat mobil dengan kapasitas seperti ini, mau apalagi?. Ditambah AC (pendingin ruang) yang bagus, tape yang oke dan tempat duduk yang comfort (nyaman)," terangnya.

Mobil ini dibuat oleh siswa SMK bekerjasama dengan bengkel mobil Kiat Motor Klaten. Mobil jenis keluarga berwarna hitam itu dilengkapi dengan remote control.

"Bentuk mobil ya diambil dari macam-macam desain, ya jadinya seperti itu. Desainnya diambil dari mobil Jepang, Korea dan Eropa. Campur-campurlah desainnya. Memang pintar designernya," kata dia.

Mobil itu kini sudah diparkir di rumah dinas Walikota Solo di Loji Gandrung. Bahkan, mobil hasil karya siswa SMK itu sudah dipasang plat nomor walikota, AD 1 A. "Saya sangat bangga dengan produk lokal ini. Makanya saya mau mempromosikannnya," paparnya

--------000000--------










 







Rekomendasi

Mobil Amphibi yang Bisa Ngebut? Scamander Namanya!

Written by Mike Scorviano


Untuk top speed-nya, Scamander mampu mencapai kecepatan 120 mil/jam atau 193 km/jam di darat.
Ini dia Scamander, si mobil amphibi...minus lampu depan tapinya./ Foto: IstimewaIni dia Scamander, si mobil amphibi...minus lampu depan tapinya./ Foto: IstimewaPernah lihat mobil amphibi? Itu lho, mobil yang bisa berjalan di darat maupun di air. Yah semacam VW Schwimmwagen yang pernah diproduksi jaman Perang Dunia II dulu.
Nah, baru-baru ini sebuah mobil amphibi yang diklaim punya kecepatan terbaik di kelasnya diuji coba. Scamander, nama mobil amphibi itu, berkekuatan mesin V6 dengan 300 tenaga kuda dan mampu mencapai kecepatan 0-100 km/jam (0-60 mil/jam) hanya dalam waktu 8 detik saja!
Sedangkan untuk top speed-nya, Scamander mampu mencapai kecepatan 120 mil/jam atau 193 km/jam di darat. Woohoo, kenceng juga yah masbro.
Bosan di jalanan, bisa langsung 'nyemplung' ke danau deh./ Foto: IstimewaBosan di jalanan, bisa langsung 'nyemplung' ke danau deh./ Foto: IstimewaSeperti dilansir dari Gizmodo, sebagai mobil amphibi, di bagian belakang tengah Scamander terdapat sebuah mesin baling-baling (propeller) yang membuat mobil ini bisa meluncur di air. Scamander merupakan gabungan dari kendaraan segala medan (all-terrain vehicle) dengan mobil buggy, dan mungkin sedikit SUV kali yah.
Scamander dirancang dan dikembangkan oleh Peter Wheeler, pemilik manufaktur mobil sport TVR di Inggris selama 23 tahun. Sayangnya, Wheeler meninggal dunia sebelum proyek ini terwujud, namun istrinya bersama sekelompok insinyur memastikan bahwa Scamander akhirnya dapat terselesaikan sepenuhnya.
Nah, dengan bentuknya yang cukup 'amphibious' ini, Scamander sepertinya belum punya saingan yah mengingat mobil amphibi lainnya belum ada yang sekencang dan setangguh Scamander ini. Coba lihat video uji cobanya dibawah ini deh. **MS

VW Schwimmwagen
Produsen Volkswagen
Masa dalam produksi 15.000 (1942-1944)
Mesin 4-silinder boxer, berpendingin udara
1.131 cc, 25 hp @ 3,000 rpm
Transmisi 4-speed manual
2-speed transfer case;
4WD hanya gigi 1 / mundur
Jarak sumbu roda 200 cm (78.7 in)
Panjang 3.825 cm (1,505.9 in)
Lebar 148 cm (58.3 in)
Tinggi 1.615 cm (635.8 in)
Berat kosong 910 kg (1,345 kg GVW)
Kapasitas bahan bakar 50 L (13.2 US gal; 11.0 gal imp)
Mobil terkait VW type 86 & 87





                       ---------------0000000---------------


Foto Foto Mobil Amphibi Buatan Jaman Perang Dunia II


Foto Foto Mobil Amphibi Buatan Jaman Perang Dunia II



Minggu ini, pemilik lebih dari 50 kendaraan amfibi, membawa kendaraan era transporter militer Perang Dunia 2 miliknya , jip dan vintage-style ke Swiss, St Blaise untuk pertemuan tahunan mereka di Eropa. Dilengkapi dengan payung matahari dan dihiasi dengan warna-warni bendera, tampak beraneka ragam kendaraan yang membawa keluarga termasuk bayi dan anjing melaju pelabuhan dan meluncur mulus ke dalam air, sebelum menyeberangi Danau Neuchatel.

Kendaraan - kendaraan tua milik orang - orang ini bukan saja antik, namun juga dilengkapi fitur yang lebih keren dari mobil - mobil mewah keluaran terbaru, yaitu kemampuan Amfibi, yang memungkin kendaraan ini melaju di darat dan di air...

Berikut Foto foto nya :





Read more: http://bodrexcaem.blogspot.com/2011/08/foto-foto-mobil-amphibi-buatan-jaman.html#ixzz22hJmFVzE






Mobil Amphibi ( Bisa Menyelam di Dalam Air)




Selama bertahun-tahun, telah ada berbagai upaya untuk menciptakan kendaraan yang beroperasi di dua dunia yakni darat dan air. Kini masa depan mobil yang bisa melaju di darat dan air pun nampaknya menemui titik terang. Cocok untuk di Jakarta?
Adalah Juan Pablo Bernal P yang dengan berani merancang sebuah mobil yang mampu berlari cepat ketika di darat dan berenang cepat di air. Seperti dikutip gizmag, Selasa (26/10/2010) mobil air yang dipamerkan di Umea Institute of Design di Swedia ini sendiri disponsori oleh produsen mobil Opel dalam pengembangannya.
Mobil air yang dibuat oleh Juan Pablo Bernal P ini memiliki tampang yang lebih stylish dan enak dilihat dengan garis-garis desain yang atraktif.
Mobil yang saat ini hanya mampu menampung satu penumpang ini didukung oleh motor listrik di kaki depan dan belakang sementara layar tersembunyi dalam. Ketika di atas air, roda belakang terlipat.
Dengan begitu, mobil air ini pun mampu bolak-balik menyusuri jalanan di darat dan melaju di atas air dengan mudah. Namun sayangnya, untuk saat ini mobil air tersebut baru sebatas mobil konsep semata dan belum mengarah ke produksi massal.
Itu mobil-mobil yang masih konsep, untuk mobil yang sudah ada hasilnya dan diproduksi adalah mobil sQuba dari produsen mobil asal Swiss Rinspeed.
sQuba ini pernah ditampilkan pada Geneva Motor Show 2008 lalu. Seperti dikutip CAR, mobil ini awalnya dari Lotus Elise yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa.
Hasilnya mobil seharga 800.000 poundsterling ini bisa berjalan di darat dan di air, produsennya mengklaim kalau sQuba adalah mobil pertama yang bisa berenang di air. Jika di darat kecepatan maksimalnya bisa mencapai 120 km per jam dengan motor listriknya.
Begitu masuk ke air, sistem pendorong mobil akan berasal dari dua baling-baling yang dipasang di dekat knalpot. Jika masuk ke air, pengendara dan penumpangnya harus memakai masker oksigen karena mobil ini tidak memiliki atap. Kecepatan mobil pun berkurang drastis menjadi hanya 3 km per jam saja.
sQuba ini terinspirasi dari film James Bond ‘The Spy Who Loved Me’ yang memang memunculkan mobil yang bisa melaju di air.
Untuk gambar lengkapnya disini.






















Generasi Terbaru Mobil Murah Sejagad

Mobil ini dibanderol Rp25 juta. Ada 10 pilihan warna.

Tata Nano 2012
Tata Nano 2012 (Cardekho)

VIVAnews - Tata Motor yang dikenal sebagai produsen mobil murah di India, resmi meluncurkan generasi terbaru dari Tata Nano. Mobil ini diklaim lebih irit dan bertenaga dari generasi lawasnya.

Seperti dilansir Cardekho, Senin 21 November 2011, Nano 2012 memang tidak mengalami perubahan apapun dari segi desain eksterior. Namun, mobil termurah sejagat ini menjadi lebih mewah dan elegan. Itu berkat adanya sentuhan warna interior mobil tersebut.

Ada tiga warna berbeda dari setiap varian Nana 2012. Warna beige menghiasai kabin Nano LX, warna interior hitam di Nano CX, dan warna graphite di Nano Standard. Nano 2012 masih dibekali mesin 624 cc.

Sedangkan konsumsi bensin Tata Nano 2012 menjadi 25,4 km/liter atau lebih irit 1,8 km/liter dari generasi sebelumnya. Tidak hanya itu, tenaganya pun naik dari 35 hp menjadi 38 hp. Dan torsinya naik 3 Nm dari 48 Nm.

Mobil yang memiliki bobot 600 kg ini, memiliki kecepatan maksimal 105 km dan mengeluarkan gas buang emisi 92,7 gr/km. Penyempurnaan lainnyam juga dilakukan dari segi suspensi termasuk memasang anti-roll bar di depan.

Nano 2012 tidak mengalami perubahan harga dari generasi sebelumnya. Harga yang dibanderol masih Rs.1,40 lakhs atau sekitar Rp25 juta (versi terendah) di India.

Ada 10 pilihan warna untuk Tata Nano 2012, di mana 8 di antaranya merupakan warna baru. Seperti Pearl White, Rouge Red, Aqua Blue, Neon Rush, Serene White, Meteor Silver, Mojito Green, Papaya Orange, Sunshine Yellow, dan Champagne Gold.

Seperti diketahui, eksistensi mobil murah produksi Tata Motor terus terancam. Sebab, Tata Nano dinilai telah mengecewakan konsumennya, karena banyak memiliki kekurangan dan kecacatan dari segi manufaktur. Hal ini menyebabkan Tata Nano terbakar dan membahayakan konsumennya. (umi)







TATA NANO TEST DRIVE DI KAWASAN BUKIT SENTUL
Gambar
Hari kamis tanggal 17 mei 12 kemarin VW solo riding menuju kota bogor, berhubung berangkatnya pasih pagi2 sekali dan cuaca sangat cerah jadi VW putuskan cari jalan agak jauh biar bisa lamaan ridingnya. VW ambil jalan melalui jalur Perumahan bukit Sentul trus ambil kanan kearah cijanti tembus cimahpar. Kontur jalan seperti perbukitan naik turun dan banyak tikungan. Dari kejauhan ada mobil mini seukuran karimun estilo berwarna putih, tapi plat nomor kendaraan masih berwarna putih dengan tulisan berwarna merah. VW fikir mobil baru yang sedang di test pemiliknya. Tapi kok ada dua mobil beriringan, tarik Gas si mio, mendekati mobil logo seperti logo Toyota, di perhatikan lebih dekat lagi ternyata bukan. Lihat kebawah lagi ada tulisan NANO. Wah ternyata Mobil ini bermerk TATA NANO. Mobil murah, yang di india di hargai 23jt dan di Indonesia 30jt. Sepertinya TATA NANO,  sedang melakukan test di daerah kawasan bukit sentul, yang memiliki kontur jalan beragam. VW lumaya lama kuntit mobil ini, mendengarkan suara mesinnya lumayan halus namun perpindahan gigi agak kasar. Yang Bikin VW Gregetan waktu itu kenapa gak pas lagi bawa, atw HP kamera…! Padahal gampang banget buat foto itu mobil, dari samping belakang maupun depan. Soalnya jalanan di kawasan cijayanti agak sempit jika papasan dengan kendaraan  lawan arus harus pelan-pelan sekali. Dari segi desain  mobil ini lumayan cantik. hanya saja ukuran roda nya agak sedikit kecil, karena menggunakan roda berukuran 12 inch. Rencana pemasaran mobil ini akan dilakukan akhir tahun. Akan tetapi Kemungkinan besar TATA NANO segera pasarkan di Indonesia.
Gambar

Di Indonesia, Tata Motors mendirikan PT Tata Motors Indonesia yang dipimpin oleh CEO (Indonesia Operations) B Sengupta. Brosur Nano pun sudah disebarkan Tata Motors, ada 3 varian yakni Nano standar (tanpa AC dan power window), Nano CX (pakai AC), dan varian tertinggi LX.
Berikut spesifikasi lengkap Tata Nano:
Dimensi
  • Panjang keseluruhan 3.099 mm
  • Lebar 1.495 mm
  • Tinggi 1.652 mm
  • Wheelbase 2.230 mm
  • Ground clearance 180 mm
  • Kapasitas 4 orang
  • Berat 600-635 kg
Mesin
  • Tipe: 624 cc, 2 silinder, MPFI
  • Daya maksimum 35 Ps pada 5.200 RPM
  • Torsi maksimum 48 Nm pada 3.000-3.500 RPM
  • Kecepatan maksimum 105 km per jam
  • Konsumsi BBM 23,6 km per liter
Suspensi
  • Depan Independent, lower wishbone, McPherson Strut
  • Belakang, Independent, Semi Trailing arm with coil spring
Ban
  • Ukuran ban depan 135/70 R 12
  • Ukuran ban belakang 155/65 R 12




Pabrik Tata Motors RI Lebih Besar dari Thailand

Indonesia akan menjadi basis produksi untuk kendaraan penumpang.


CEO Tata Group Ratan Tata bersama mobil murah Tata Nano
CEO Tata Group Ratan Tata bersama mobil murah Tata Nano (Automobile Hotspot)
BERITA TERKAIT
VIVAnews - Tata Motors Limited memastikan akan membangun pabrik baru mereka di Indonesia. Pabrik itu akan memenuhi permintaan pasar di Asia Tenggara. Direktur Eksekutif Tata Motors Limited Ravindra Pisharody menyampaikan hal itu kepada VIVAnews di Jakarta, Selasa 11 September 2012.

Pisharody mengatakan Indonesia akan menjadi basis produksi untuk kendaraan penumpang. Ini adalah pabrik kedua di Asia Tenggara. Sebelumnya, Tata telah membangun pabrik di Thailand pada 2007. Pabrik di negeri gajah itu bukan untuk kendaraan penumpang, melainkan kendaraan komersial.

Meski Tata akan membangun pabrik di Indonesia, jumlah nilai investasinya masih dirahasiakan. "Kami belum ada kepastian berapa yang akan kami tanamkan," katanya.

Ravindra mengatakan bahwa pabrik di Indonesia akan lebih besar modalnya, karena skalanya juga lebih besar dari di Thailand. Ravindra memberi ilustrasi, Tata Motors menggelontorkan US$500 juta atau hampir Rp500 miliar untuk membangun pabrik yang bisa menghasilkan 500 unit per bulan.

Soal mobil yang akan dibuat di Indonesia juga masih rahasia. Kajian produknya, kata Ravindra, belum selesai. Yang jelas, Tata pernah berkeinginan menjadikan Indonesia sebagai basis produksi mobil termurah di dunia, Tata Nano untuk wilayah Asia Tenggara.

Targetkan 60 dilerPresiden Direktur PT Tata Motors Indonesia, Biswadev Sengupta mengatakan, perusahaan akan menggenjot 60 diler dalam waktu tiga tahun. Diler-diler inilah yang nantinya melayani masalah pembelian, servis, dan suku cadang.

Selain membuka diler, Tata juga akan membuat 100 bengkel dan 300 toko suku cadang di seluruh wilayah Indonesia, kecuali Papua dan Nusa Tenggara.

Pembukaan diler ini adalah langkah awal memulai investasi mereka di Indonesia, selain pabrik. "Jika kami telah punya 10-15 diler resmi di seluruh negeri, maka kami akan segera meluncurkan produk," katanya.









Akhir Bulan, Mobil Murah Daihatsu-Toyota Dikenalkan?

Kolaborasi mobil murah ini akan menyasar kelas city car.


Toyota Aygo
Toyota Aygo (Wikipedia)
BERITA TERKAIT

VIVAnews - Kehadiran mobil murah hasil kolaborasi Toyota dan Daihatsu bakal semakin dekat. Kemungkinan besar mobil itu akan diperkenalkan 19 September mendatang.

Kolaborasi Toyota Astra Motor (TAM) dan Astra Daihatsu Motor (ADM) menggarap mobil low MPV, Avanza dan Xenia, terbilang cukup sukses di pasar mobil Tanah Air. Keduanya pun berhasil menyandang predikat mobil terlaris saat ini.

Tak ingin berhenti dan ingin terus mengulang keberhasilan, keduanya kini dikabarkan bakal berkolaborasi lagi membuat mobil murah atau Low Cost and Green Car (LCGC) di Indonesia.

"Memang kami ada acara tanggal 19 nanti soal Low Cost and Green Car (LCGC), tapi bukan meluncurkan mobil baru. Kita tunggu saja nanti," kata Head Domestic Marketing Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Rio Sanggau saat dihubungi VIVAnews, Rabu 5 September 2012.

Sebelumnya, seorang sumber di Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan acara itu bakal menjelaskan mengenai kolaborasi antara Daihatsu dan Toyota. Keduanya akan mempresentasikan mobil hasil kolaborasi keduanya yang akan menyasar kelas city car.

Toyota Astra Motor (TAM) sendiri telah buka suara soal rencananya mempersiapkan mobil murah di Indonesia. Namun demikian, mereka belum mau membeberkannya secara detail.

"Mobil Rp100 jutaan, tunggu tanggal mainnya saja. Kami tinggal menunggu peraturan dari pemerintah. Kalau peraturannya sudah dikeluarkan, baru kami (Toyota) siap mengeluarkannya. Dalam proyek ini, kami memang berkolaborasi dengan Daihatsu," kata Presiden Direktur TAM Johnny Darmawan beberapa waktu lalu.

Ketika ditanya kolaborasi itu akan memproduksi mobil murah seperti apa, Johnny belum mau berkomentar.

Belakangan ini, muncul spekulasi kalau mobil yang dimaksud adalah Aygo, city car bermesin 1.000 cc yang telah dipasarkan di Jepang. Mobil compact yang kelak diberi nama Agia ini--jika sudah dipasarkan di Tanah Air--memiliki kapasitas lima penumpang.

Kehadiran mobil murah Toyota-Daihatsu tinggal menunggu keluarnya regulasi di seputar program pemerintah meluncurkan mobil murah dan ramah lingkungan, yang disebut Low Cost and Green Car (LCGC) itu.












Pembuktian Ketangguhan Mobil Termurah Sejagat

Mobil ini berhasil melewati jalanan tertinggi kedua di dunia.


Ekspedisi keliling India dengan Tata Nano
Ekspedisi keliling India dengan Tata Nano (Motorbeam)
BERITA TERKAIT

VIVAnews - Murah bukan berarti tak tangguh untuk diajak menjelajahi medan berat dengan cuaca ekstrem. Mungkin itu yang ingin ditujukkan Tata Motor ketika melakukan ekspedisi keliling India dengan Tata Nano.

Dilansir Motorbeam, Selasa 24 Juli 2012, sejak 3 Mei 2012 Tata Nano berhasil menempuh jarak 26.500 kilometer dengan mengunjungi lebih dari 100 kota di Negeri Hindustan.

Mobil termurah sejagat itu dikendari oleh Thomas Chacko. Pada 21 Juli lalu penggemar otomotif yang juga pecinta motorsport dan balap F1, telah menyelesaikan ekspedisi selama 78 hari berkeliling India.

Chacko berhasil menaklukan rute di ujung timur India (Tawang), Kanyakumari (paling ujung selatan), Dwarka (ujung barat) hingga Kargil (di utara).

Termasuk melintasi Tanglang La dan Khardung La, jalan yang berada di ketinggian 18.380 kaki (5.602 m) di atas permukaan laut dan dijuluki sebagai jalanan tertinggi kedua di dunia. Chacko juga melintasi Nagpur dan pegunungan Bhutan.

Dalam perjalanan itu, pria berusi 63 tahun ini melintasi berbagai rintangan, mulai dari ragam karakteristik jalan sampai cuaca ekstrem. Hasilnya, Tata Nano berhasil melintas tanpa masalah sedikitpun.

"Saya memilih Tata Nano untuk menemani perjalanan ekspedisi karena mobil ini berhasil menyejajarkan India dalam peta industri otomotif dunia. Nano punya punya jarak pijak yang tinggi dan mampu mendaki dengan baik," kata Chacko.

Tata Nano 2012 masih dibekali mesin 624 cc. Sedangkan konsumsi bensin Tata Nano 2012 menjadi 25,4 km/liter atau lebih irit 1,8 km/liter dari generasi sebelumnya.

Tidak hanya itu, tenaganya pun naik dari 35 hp menjadi 38 hp. Dan torsinya naik 3 Nm dari 48 Nm.
Mobil yang memiliki bobot 600 kg ini, memiliki kecepatan maksimal 105 km dan mengeluarkan gas buang emisi 92,7 gr/km.

Nano 2012 tidak mengalami perubahan harga dari generasi sebelumnya. Harga yang dibanderol masih Rs.1,40 lakhs atau sekitar Rp25 juta (versi terendah) di India.












Wah… Tata Nano Sudah ‘Ngaspal’ Di Indonesia

Kehadiran mobil termurah sejagad, Tata Nano, di Indonesia sepertinya tinggal menunggu waktu saja. Setelah mobil ini ketahuan sedang mengaspal disalah satu jalan di kota Bogor. Seperti yang dilansir okezone.com (Jum'at, 4 Mei 2012), mobil ini terekam sedang melakukan uji berkendara di antara keramaian jalan kota Bogor.
Kabar kehadiran mobil termurah sejagad asal negeri Hindustan ini memang sudah dipastikan positif sejak didaftarkan di Kementerian Perindustrian oleh PT Java Motors sebagai distributor resmi di Indonesia. Adapun tipe yang didaftarkan untuk keperluan uji tersebut adalah type LX.
Harga mobil baru ini dikabarkan akan dibandrol pada kisaran angka Rp. 30 jutaan saja, lebih murah dari perkiraan sebelumnya yang menyebutkan diantara Rp.44 juta hingga Rp.50 jutaan.
Spesifikasi Tata Nano
Tata Nano menggunakan mesin 624 cc, 2 silinder, MPFI yang mampu menghasilkan tenaga 35 Ps pada putaran 5.200 rpm dengan  torsi maksimum 48 Nm pada putaran 3.000-3.500 rpm. Dengan kekuatan tersebut mobil ini mampu berlari hingga kecepatan maksimum 105 km per jam dengan konsumsi bahan bakar hanya 23,6 km/liter.
.



0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites